Riset Media

rmedialogoSekilas tentang “Media Massa dan Kebudayaan”

Media adalah sarana komunikasi antara orang-orang maka media massa tersirat komunikasi ini diperbesarkan sehingga banyak orang terlibat dalam proses ini. Mass media terdiri atas alat-alat komunikasi seperti koran-koran, majalah-majalah, radio, televisi dan baru-baru ini lewat internet. Komunikasi menurut alat-alat ini dipakai untuk berbagai tujuan, walau kedua kategori yang mungkin paling besar adalah persediaan informasi melalui berita dan program-program pendidikan, serta penghiburan melalui opera sabun, komedi dan film-film.

Penyebab utama kekhwatiran di dunia sekarang ini adalah kenaikan hiburan dalam proses komunikasi karena dampak pada cara hidup orang-orang dan bagaimana mereka bergaul, ngomong dan saling memperlakukan satu sama lain. Sama seperti orang-orang mencari hiburan atau kenikmatan melalui menonton kegiatan sehari-hari di sekitar mereka baik yang sengaja (melalui drama atau pertunjukan) maupun yang tidak sengaja (proses alam), sama hal dengan popularitas televisi yang berbeda dari koran atau majalah (yang lebih untuk menyampaikan informasi) karena televisi (dan memang sinetron/bioskop) adalah sarana penghiburan yang dapat dinikmati. Ini harus digarisbawahi supaya dapat dimengerti dampak-dampak pada kebudayaan, masyarakat dan cara hidupnya.

Media massa itu mungkin yang paling unik dari semua pengaruh pada kebudayaan , karena media massa itu bertanggung jawab atau mengontrabusikan pada kenaikan pengaruh-pengaruh lain pada kebudayaan dan cara hidup, khususnya globalisasi dan turisme tetapi juga kebudayaan asing dan sejumlah pengaruh lain. Namun, pertanyaan utama itu apakah media massa itu adalah pengaruh yang membawa manfaat atau kerusakan pada kebudayaan . Memang media mass mempunyai pengaruh besar atas kebudayaan, masyarakat dan politik, jadi pandangan tentang ini dibutuhkan.

Daftar Pustaka :

Burton,Graeme.,Yang Tersembunyi Di Balik Media.Pengantar Kepada Kajian Media.Jalasutra.2008

Sulhan,Muhamad.,Identitas dan Budaya Konsumtif.Komunikasi,Negara dan Masyarakat.Fisipol UGM.2004


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s