REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM MEDIA

muslimahface

Perempuan dalam media selalu digambarkan sebagai obyek tatapan pria.Para model yang nyaris telanjang pada sampul majalah pria adalah pemandangan biasa .Perempuan telanjang dada menghiasi kebanyakan surat kabar dan majalah.Para presenter program televisi populer dipilh berdasarkan wajah mereka dan bukannya bakat yang lebih substansial.

Salah satu stereotip perempuan yang paling umum adalah istilah “bimbo” dimana seorang perempuan digambarkan memiliki rambut pirang, tata rias menor, dada besar ,rok mini,sepatu berhak tinggi . Meskipun istilah ini memiliki sejarah panjang yang bisa dilacak sampai tahun 1920an ,dalam kultur posmodern istilah ini mengandung konotasi buruk tertentu.

Apa yang sangat ironis, meskipun tidak mengejutkan, adalah bagaimana perempuan tidak berhati-hati dan bersekongkol dalam pembuatan dan konstruksi stereotip gender semacam itu. Lihatlah “majalah wanita” sebagian besar ,majalah-majalah ini ditulis untuk perempuan ,oleh perempuan. Tetapi pesan apa yang berusaha disampaikan oleh majalah wanita ini kepada pembacanya?

Majalah perempuan cenderung terbagi menjadi dua kategori yaitu,majalah yang berhubungan dengan menata rumah dan perawatan anak-anak , dan majalah yang bertujuan untuk menawarkan diri mencari jodoh “laki-laki”.Pembagian kategori ini merepresentasikan dualisme klasik pemikiran Barat dimana perempuan dikategorikan sebagai Madonna “perempuan yang suci,keibuan,bersih dan rendah hati “ dan perempuan sebagai pelacur yang “gampangan,tak bermoral,seksual penuh dosa.

Pendapat semacam itu didapat sebagian dari Kristianitas ,dimana Hawa adalah sumber Dosa Asal yang menyebabkan umat manusia diasingkan secara permanen dari Taman Surga .Dosa-dosanya dimaafkan hanya setelah pengorbanan dan kebangkitan Kristus. Gagasan tentang Madonna muncul dari Konsepsi yang sempurna itu dan kelahiran suci Kristus.

Iklan dalam majalah –majalah ini berkisar tentang diet, produk-produk kecantikan dan operasi plastik ,bersamaan dengan itu disebut juga tentang   bagaimana mendapatkan kulit putih benar-benar putih ,produk-produk bagi anak-anak  dan tips menata rumah. Ditambah resep-resep menggiurkan tentang bagaimana cara mendapatkan hati pria lewat perutnya yang ramping,sexy lingerienya, stockingnya,wonderbranya …..

Majalah wanita yang berkilau memanipulasi pembacanya dengan cara yang sangat canggih. Lihatlah,contohnya gambar-gambar model yang memenuhi majalah seperti itu,dimana model itu difoto dengan memakai celana ketat,sepatu berhak tinggi dengan rambut menggantung dan berkilau berjatuhan menutupi wajah dan pundaknya ..ehm very-very sexy yaa..

Model itu melihat langsung ke kamera dan bibirnya sedikit terbuka,memperlihatkan giginya.Meskipun foto ini tampil sebagai sampul pada majalah wanita yang berkilap, secara digital akan berubah menjadi pembangkit ide pria tentang daya tarik perempuan.

Manipulasi digital pada pupil mata model akan menampakkan gairah seksual ,iris mata dibuat lebih biru untuk menunjukkan keluguan, pipi merona untuk mengindikasikan kemudaan sekaligus gairah seksual, bibirnya lebih merah untuk menunjukkan kemiripan dengan vagina. Noda jerawat dihilangkan dan gigi diputihkan untuk menunjukkan kemudaan dan kesehatan , dada sengaja dibusungkan dengan kesan menantang setiap pria, kaki jenjang dijulurkan memberi kesan kemudaan dan kepasrahan. Sehingga seorang supermodelpun rela menambal kekurangan tubuhnya dengan modifikasi implant lalu adakah harapan untuk perempuan biasa?

Source: Ziauddin Sardar “Membongkar Kuasa Media” Resist Book

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s